1 - Gambaran Umum/Pendahuluan
Layanan JOOB, yang dapat diakses melalui www.joob.asia dan aplikasi seluler ("Layanan") disediakan oleh PT. JOOB GLOBAL INDONESIA (“kami” atau “Perseroan”), yang merupakan pengendali data dari data pribadi anda. Kebijakan Privasi ("Kebijakan") ini menetapkan persyaratan wajib Layanan sehubungan dengan perlindungan data pribadi.
Kami telah mengambil Kebijakan ini, yang menentukan bagaimana kami memproses informasi yang dikumpulkan oleh Layanan, dan yang juga memberikan alasan mengapa kami harus mengumpulkan data pribadi tertentu tentang anda. Pernyataan berikut menjelaskan komitmen Layanan untuk mengelola informasi pribadi anda dan menjelaskan bagaimana dan kapan informasi pribadi dikumpulkan, digunakan, dibagikan, dan diamankan serta pilihan anda terkait penggunaan, akses, dan perbaikan informasi pribadi anda. Kebijakan ini hanya berlaku untuk data yang dikumpulkan di Layanan dan tidak berlaku untuk informasi atau situs web lainnya.
Layanan berhak mengubah, menambah atau menghapus Kebijakan setiap saat, setelah memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada penggunanya melalui email yang terdaftar di situs web atau aplikasi Layanan, dan juga melalui pengumuman di aplikasi seluler. Anda disarankan untuk meninjau Kebijakan secara berkala. Jika di kemudian hari anda keberatan dengan perubahan Kebijakan, anda harus berhenti menggunakannya dan/atau anda dapat menghapus data/akun anda dari Layanan. Penggunaan anda yang berkelanjutan merupakan penerimaan anda atas semua perubahan yang diterapkan pada Kebijakan ini. Harap perhatikan bahwa penghentian penggunaan Layanan tidak akan menghapus data dan informasi anda, data dan informasi anda hanya akan terhapus jika anda menghapus akun anda dari Layanan.
2 - Informasi yang Kami Kumpulkan
Saat anda mengunjungi Layanan, kami secara otomatis mengumpulkan informasi tertentu tentang perangkat anda, termasuk informasi tentang browser web, alamat IP, zona waktu, dan beberapa cookies yang terpasang di perangkat anda. Selain itu, saat anda menelusuri Layanan, kami mengumpulkan informasi tentang setiap halaman yang anda lihat, situs web atau istilah pencarian apa yang mengarahkan anda ke Layanan, dan bagaimana anda berinteraksi dengan Layanan. Kami menyebut informasi yang dikumpulkan secara otomatis ini sebagai"Informasi Perangkat". Dalam hal Pengguna berkeberatan atas Informasi Perangkat yang menimbulkan akibat hukum bagi Pengguna, maka keberatan dapat diajukan dengan mengirimkan surat ke alamat kantor kami yang tercantum dalam Pasal 9 Kebijakan Privasi ini. Selain itu, kami dapat mengumpulkan data pribadi yang anda berikan kepada kami (termasuk namun tidak terbatas pada Nama, Alamat, dll.) selama pendaftaran untuk dapat memenuhi perjanjian.
Kami mengumpulkan informasi tentang anda saat anda menggunakan Layanan kami dan dari layanan lainnya yang terhubung dengannya (seperti: Data ID Wallet). Kami menerima dan menyimpan informasi ini saat anda memasukkannya di situs web kami, mengirimkannya kepada kami, atau memberikannya kepada kami dengan cara lain apa pun. Kami mengumpulkan informasi ketika anda memilih untuk memberikannya kepada kami. Kami mengumpulkan data dan informasi anda sesuai dengan penggunaannya, antara lain:
A. Untuk Pencari Kerja:
Untuk semua Pengguna:
- Nomor telepon seluler;
- Nama;
- Jenis Kelamin;
- Tanggal lahir;
- Alamat email; dan
- Foto profil.
Untuk Pengguna yang melakukan lamaran kerja di lebih dari 1 (satu) pekerjaan:
- Status pernikahan;
- Agama;
- Alamat tempat tinggal saat ini;
- Status pendidikan (latar belakang pendidikan terakhir, nama sekolah, tanggal kelulusan);
- Pengalaman kerja (bidang usaha pada pengalaman kerja, nama perusahaan, jabatan, masa kerja);
- Surat izin mengemudi;
- Status vaksin COVID 19;
- CV/resume;
- Surat rujukan;
- Sertifikat atau dokumen lain yang terkait dengan memperkenalkan diri untuk mencari pekerjaan;
- Akun sosial media pribadi atau alamat situs web (URL).
Untuk Pengguna yang telah direkrut lebih dari 1 (satu) pekerjaan:
- Tanggal mulai/akhir pekerjaan;
- Gaji;
- Jadwal dan waktu kerja;
- Tempat kerja;
- Dokumen opsional yang diminta oleh bisnis;
- Status pekerjaan;
- Informasi kehadiran termasuk waktu clock in/out dan swafoto saat pengguna melakukan clock in/out;
- erkiraan gaji termasuk bonus dan potongan;
B. Untuk Pemilik Bisnis/Manajer Bisnis:
Data/informasi pribadi:
- Nomor telepon seluler;
- Nama;
- Alamat email; dan
- Foto profil.
Data/informasi bisnis:
- Nama perusahaan;
- Bidang usaha perusahaan;
- Alamat perusahaan;
- Akun sosial media perusahaan atau beranda web perusahaan; dan
- Logo bisnis perusahaan.
Data/informasi pribadi Pengguna dibagikan antara Pemilik Bisnis/Manajer Bisnis yang berada dalam industri bisnis yang sama. Sementara itu, data/informasi bisnis Pengguna dibagikan kepada seluruh Pengguna pada Layanan.
3 - Mengapa Kami Memproses Data Anda?
Prioritas utama kami adalah keamanan data pelanggan, dan oleh karena itu, kami hanya dapat memproses data pengguna dengan minimal, hanya sebanyak yang benar-benar diperlukan untuk menjalankan Layanan. Informasi yang dikumpulkan secara otomatis hanya digunakan untuk mengidentifikasi potensi kasus penyalahgunaan dan menetapkan informasi statistik terkait penggunaan Layanan. Informasi statistik ini tidak dikumpulkan sedemikian rupa sehingga akan mengidentifikasi pengguna tertentu dari sistem.
Anda dapat mengunjungi Layanan tanpa memberi tahu kami siapa anda atau mengungkapkan informasi apa pun, yang menyebabkan seseorang dapat mengidentifikasi anda sebagai individu tertentu yang dapat diidentifikasi. Anda dapat memilih untuk tidak memberikan data pribadi anda kepada kami, tetapi anda mungkin tidak dapat memanfaatkan beberapa fitur Layanan. Misalnya, anda tidak dapat menambahkan lowongan pekerjaan atau melamar pekerjaan. Sementara itu, jika setuju untuk memberikan data pribadi anda kepada kami, anda akan dapat menggunakan fitur yang tersedia di Layanan seperti membuat posting pekerjaan atau melamar pekerjaan. Pengguna yang tidak yakin tentang informasi apa yang wajib, dipersilakan untuk menghubungi kami melalui alamat email.
4 - Penggunaan dan Pengungkapan Informasi yang Kami Kumpulkan
Anda dapat memperbaiki atau menghapus informasi pribadi anda secara langsung pada Layanan atau dengan menghubungi kami.
Layanan dapat mengumpulkan informasi pribadi dan/atau data tentang anda, seperti nama, kode pos, alamat email, nomor telepon, usia, jenis kelamin, tanggal lahir, agama, status perkawinan, surat izin mengemudi, tingkat pendidikan, foto profil, sertifikat, dan pengalaman kerja yang tidak tersedia untuk umum. Terkadang, Layanan juga dapat mengumpulkan informasi pribadi dan/atau data tambahan dari anda sehubungan dengan survei, atau penawaran khusus.
Hanya staf Layanan yang berwenang yang akan diizinkan untuk mengakses informasi dan data pribadi anda.
5 – Bagaimana Informasi Digunakan
Kami menggunakan informasi yang kami kumpulkan di Layanan untuk tujuan:
- Untuk memverifikasi identitas anda;
- Untuk menilai dan/atau memverifikasi kelayakan kerja dan kelayakan kredit anda;
- Untuk mengatur dan mengelola Layanan yang diberikan kepada anda;
- Untuk menghubungi anda sehubungan dengan Layanan;
- Untuk meningkatkan peluang penempatan untuk anda atau untuk menyesuaikan Layanan khusus untuk anda;
- Untuk menyelidiki dan menyelesaikan keluhan atau pertanyaan lain yang anda kirimkan ke Layanan;
- Untuk melakukan penelitian dan pengembangan serta analisis statistik sehubungan dengan Layanan untuk mengidentifikasi tren dan mengembangkan layanan baru yang mencerminkan minat anda;
- Untuk membantu Layanan dalam memahami preferensi penelusuran anda sehingga Layanan dapat menyesuaikan konten yang sesuai;
- Untuk memantau dan meningkatkan kinerja Layanan;
- Untuk memelihara dan mengembangkan Layanan; dan
- Untuk mendeteksi dan mencegah aktivitas penipuan.
Kami juga menggunakan informasi yang kami kumpulkan untuk menyediakan fitur khusus Layanan untuk tujuan:
- Untuk membuat akun untuk anda, termasuk CV dan posting pekerjaan yang anda tulis atau unggah;
- Untuk menemukan kandidat yang cocok untuk posting pekerjaan, dengan memanfaatkan platform lain seperti grup Facebook atau halaman Instagram terkait pekerjaan lainnya;
- Untuk memungkinkan anda mencari pekerjaan dan membaginya dengan orang lain;
- Untuk memungkinkan anda melamar pekerjaan dan membaginya dengan orang lain;
- Untuk membantu calon pemberi kerja melihat resume anda dan menghubungi anda;
- Untuk memungkinkan anda menghubungi kami dan agar kami menanggapi anda;
- Untuk menampilkan pesan undangan wawancara dari pemberi kerja;
- Untuk memungkinkan anda menyaring kandidat yang sesuai;
- Untuk menghubungi anda dengan komunikasi terkait layanan dan pembaruan keamanan;
- Untuk memberikan informasi tentang anda dan minat anda pada lowongan pekerjaan kepada pemberi kerja;
- Memberikan layanan kepada pelanggan pemberi kerja untuk menyelesaikan proses rekrutmen dan perekrutan;
- Untuk menyediakan layanan manajemen SDM seperti manajemen kehadiran dan perhitungan gaji;
- Untuk memproses CV secara terintegrasi yang dapat dikaitkan dengan layanan pihak ketiga; dan
- Untuk menyediakan layanan keuangan secara terintegrasi seperti pembuatan rekening bank, pembayaran gaji, EWA, dan lain-lain.
6 – Keamanan
Keamanan informasi dan data pribadi anda adalah penting bagi Layanan. Layanan akan selalu berusaha untuk memastikan bahwa informasi dan data pribadi anda akan dilindungi dari akses yang tidak sah. Layanan telah menerapkan tindakan elektronik dan manajerial yang sesuai untuk menjaga, melindungi, dan mengamankan informasi dan data pribadi anda.
Semua informasi dan data pribadi yang anda berikan hanya dapat diakses oleh personel Layanan yang berwenang atau pihak ketiga resminya, dan personel tersebut akan diperintahkan untuk mematuhi ketentuan Kebijakan ini saat mengakses informasi dan data pribadi tersebut. anda dapat yakin bahwa informasi dan data pribadi anda hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan pengumpulannya. Anda harus menjaga One Time Password (OTP) anda dengan merahasiakannya dan tidak pernah membagikan OTP dengan siapa pun.
Layanan mengikuti standar industri yang diterima secara umum untuk melindungi informasi dan data pribadi yang anda kirimkan kepada Layanan, baik selama transmisi maupun setelah Layanan menerimanya. Namun, tidak ada metode transmisi melalui Internet, atau metode penyimpanan elektronik, yang 100% aman. Oleh karena itu, meskipun Layanan berupaya untuk melindungi informasi dan data pribadi anda dari akses tidak sah, Layanan tidak dapat menjamin keamanan mutlaknya.
7 – Tautan ke Situs Web Lain
Layanan mungkin berisi tautan ke situs pihak ketiga dan menggunakan cookies pihak ketiga untuk mengumpulkan informasi dengan tujuan statistik tentang penggunaan anda atas Layanan dan untuk menyertakan iklan di Layanan kami. Layanan tidak bertanggung jawab atas situs pihak ketiga tersebut. Informasi pribadi apa pun yang anda sediakan di situs tersebut tidak akan mendapat manfaat dari Kebijakan ini dan akan tunduk pada kebijakan privasi pihak ketiga terkait (jika ada).
8 – Penyediaan Data Pribadi kepada Pihak Ketiga
Perseroan menggunakan alat analisis perilaku pengguna untuk menganalisis perilaku pengguna layanan dan untuk mengukur efektivitas penyampaian iklan, dan Perseroan memberikan informasi perilaku kepada operator berikut ini:
- Google Analytics : Analisis perilaku penggunaan layanan dan pengukuran efek penayangan iklan
Perseroan mempercayakan pemrosesan informasi Pengguna untuk menyediakan Layanan yang ditingkatkan, dan operator-operator berikut mempercayakan pemrosesan informasi pribadi Pengguna:
- Twilio : verifikasi nomor ponsel; dan
- AWS : pengiriman informasi pribadi
Untuk manajemen CV terintegrasi, hanya Pengguna yang telah menyelesaikan autentikasi email yang secara otomatis berlangganan Layanan Dompet ID DATA yang dioperasikan oleh PT PRIMA SENTOSA JAYAABADI Co., Ltd., dan informasi pribadi serta informasi karier yang dikumpulkan dari penggunaan Layanan dapat disediakan.
- PT PRIMA SENTOSA JAYAABADI Co. : Manajemen CV saya, layanan keuangan.
9 – Pertanyaan
Jika anda masih memiliki pertanyaan tentang Kebijakan Layanan atau anda ingin mendapatkan akses ke dan/atau melakukan perbaikan terhadap informasi pribadi anda, untuk memahami lebih lanjut tentang Kebijakan ini atau ingin menghubungi kami mengenai masalah apa pun yang berkaitan dengan hak individu dan informasi pribadi, silakan hubungi kami atau kirimkan surat kepada kami di alamat berikut: Noble House Lantai 30, Mega Kuningan. 2, Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.Kav., RT.5, RT.5/RW.2, Kuningan, Tim Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950, Indonesia.